Makassar Open Data, adalah wadah yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kominfo Kota Makassar. Layanan ini sebagai wujud operasionalisasi inisiatif Satu Data* di Kota Makassar. Portal ini berisi data Pemerintah Kota Makassar, SKPD dalam lingkup Kota Makassar dan semua instansi lain yang terkait yang menghasilkan data yang berhubungan dengan Kota Makassar.

Kami menyediakan data dalam format yang mudah dicari, diakses serta digunakan dengan harapan pengguna situs dapat memanfaatkan data yang tersedia di sini seluas-luasnya dan seinovatif mungkin demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik secara bertanggungjawab.

Seluruh kumpulan data yang ada di dalam opendata.makassar.go.id dikategorikan sebagai domain publik sehingga tidak diperkenankan mengandung informasi yang mengandung rahasia negara, rahasia pribadi atau hal-hal lainnya yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kontak dan dukungan layanan penggunaan aplikasi ini dapat diajukan melalui email ke appdev@makassar.go.id atau kominfo@makassar.go.id.

Satu Data* adalah sebuah inisiatif Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan interoperabilitas dan pemanfaatan data pemerintah. Pemanfaatan data pemerintah tidak terbatas pada penggunaan internal antar instansi, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat. Pemerintah Kota Makassar mendukung dan berupaya penuh untuk melakukan pembenahan atas data pemerintah Indonesia. Data tersedia dalam format terbuka dan mudah digunakan kembali, dengan tujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pembangunan.